Resep Cara Membuat Stick Kue Grim Abon Spesial (Puff Pastry)

Stick Kue Grim Abon Spesial

Puff Pastry



Resep kue kering- Kue grim atau yang lebih dikenal dengan pastry, adalah kue yang renyah dan berlapis, biasanya berbentuk persegi, persegi panjang ataupun segitiga. Ditengahnya diisi dengan berbagai macam selai, bisa selai nanas, selai kacang ataupun selai buah-buahan lainnya. Nah untuk sekarang , saya mencoba satu resep kue grim/ puff pastry yang baru, yaitu diisi dengan abon, dan dibentuk memanjang seperti stick, atau memanjang. Dengan bentuk seperti ini, lebih hemat di adonan, dan adonan bisa terpakai tanpa ada sisa, dan untuk bentuk dan rasanya dijamin enak dan menarik. Hum daripada penasaran dengan rasanya, lebih enak kalau mencoba membuatnya, yuk intip resepnya.

Bahan-bahan Kue Grim Abon stick Spesial:
Bahan 1:
Tepung terigu 1 kg
Rum Butter ½ Ons
Mentega ¼ kg
Kuning Telur 6 butir (putih telurnya bisa digunakan untuk merekatkan adonan)
Air Hangat 1 ½ gelas
Telur 1 butir untuk olesan
Abon ½ kg (untuk isi)

Bahan 2:
Korsvet ½ kg
Mentega 1 Ons

Cara Membuat Kue Grim Abon Stick Spesial:
  • Pada dasarnya adonan kue grim terdiri menjadi dua jenis, yaitu bahan 1 dan bahan 2. Bahan 1 berfungsi sebagai adonan utama, sementara bahan 2 berfungsi sebagai bahan olesan yang berfungsi sebagai pelapis, sehingga ketika masak akan membentuk lembaran-lembaran berlapis.
  • Langkah awal yang perlu kamu lakukan adalah dengan memproses semua Bahan 1, campurkan dengan menggunakan tangan hingga adonan tercampur rata, tidak perlu hingga kalis. Sisihkan dan bagi menjadi 4 bagian sama rata.
  • Campurkan juga bahan Bahan 2 secara terpisah, dan bagi menjadi 4 bagian setelah tercampur secara rata.
  • Fungsi dari membagi menjadi 4 bagian adalah agar setiap bahan mendapatkan yang sama. Bagian 1 dari Bahan 1 dipasangkan dengan bagian 1 dari Bahan 2. Begitu seterusnya.
  • Setelah semua masing –masing bahan tercapur dan terbagi dengan rata. Sekarang waktunya membentuk adonan. Caranya dengan menggilas Bahan 1 , bagian pertama hingga membentuk lembaran, dengan ketebalan ½ cm.
  • Setelah itu olesi bahan yang telah berbentuk lembaran denganan bahan 2 bagian pertama hingga rata, setelah rata, lipat lembaran menjadi dua dengan posisi olesan di dalam. Lalu pipihkan kembali hingga melebar dengan ketebalan yang sama, olesi lagi dengan Bahan 2 hingga rata, lalu lipat kembali dengan posisi yang sama dan pipihkan lagi.
  • Lakukan hal tersebut berulang-ulang hingga Bahan2 habis. (Lakukan proses seperti ini pada bagian yang lain juga).
  • Setelah Bahan 2 habis dan adonan sudah di pipihkan untuk yang terakhir, olesi lembaran adonan dengan putih telur secara merata.

  • Taburi dengan abon lalu iris memanjang dengan lebar 1,5 cm. Lipat menjadi dua dengan posisi abon di dalam.
  • Taruh dalam loyang, pegang satu ujungnya dan putar bagian yang lain hingga membentuk glombang. 
  • Olesi dengan kuning telur.
  • Setelah semua terbentuk dan tersedia di dalam loyang panggang adonan dengan api sedang.
  • Angkat ketika berwarna keemasan.
  • Stick kue grim abon siap untuk dinikmati.


Catatan : lakukan proses penggilasan dan pengolesan adonan bagian-per bagaikan sembari mengisinya dengan abon. Jangan menggilas semuanya sekaligus karena akan membuat adonan mengering. Tapi adonan juga bisa disimpan dalam kulkas loh, setelah selesai digilas tentunya,caranya hanya cukup melapisinya dengan menggunakan plastik.

Nah, mudah bukan membuatnya, jangan ragu buat mencobanya yah.....rasanya dijamin enak, selamat mencoba.

0 Response to "Resep Cara Membuat Stick Kue Grim Abon Spesial (Puff Pastry)"

Post a Comment